Laman

Total Tayangan Halaman

Sabtu, 09 Maret 2013

FT: Barcelona 2-0 Deportivo La Coruna

Lionel Messi menambah keunggulan Barca 2-0 atas Deportivo lewat golnya di penghujung babak kedua

Lionel Messi, Barcelona-Deportivo

Babak pertama
Setelah menelan dua kekalahan beruntun dari seteru abadi mereka, Real Madrid, Barcelona tampaknya 'bernafsu' mendominasi pertandingan sejak menit pertama. Namun, tanpa diduga, Deportivo yang notabene tim juru kunci mampu menunjukkan perlawanan sengit.

Meski demikian, Barca toh berhasil menguji kiper Super Depor, Daniel Aranzubia, lewat peluang Cristian Tello dan Daniel Alves. Namun, kedua peluang itu belum menemui sasaran.

Aranzubia membuat frustrasi para punggawa Barca lewat performa solidnya di bawah mistar. Dia sukses menggagalkan tendangan voli Alves, sebelum memotong aliran sepak pojok Thiago Alcantara.

Cesc Fabregas melewatkan peluang emas untuk memecah kebuntuan di menit 14. Berawal dari umpan cantik Alves, mantan kapten Arsenal justru menendang bola jauh di atas mistar gawang sehingga skor kacamata belum berubah.

Hingga menit ke-22, dewi fortuna tampaknya belum berada di pihak Barca. Tello kembali mendapat peluang untuk memecah kebuntuan, namun bola masih membentur tiang gawang. Tidak lama, David Villa berhasil meloloskan diri dari jebakan offside tim tamu dan mendapat peluang emas untuk mencetak gol pembuka. Sayangnya, Villa melepaskan tendangan lemah yang dengan mudah digagalkan Aranzubia.

Deportivo sempat menguji kiper Jose Pinto lewat peluang Nelson Oliveira yang melepaskan tendangan dengan kaki kirinya. Namun, tendangan Oliveira masih melebar.

Barca baru bisa membongkar pertahanan Depor di menit 38 ketika Alexis Sanchez menyambut umpan silang Alves dengan tandukannya. Aranzubia sebenarnya sempat menggagalkan peluang Sanchez, namun pemain Cili kembali menyambar bola dan menjebol gawang Depor untuk membawa Barca unggul 1-0.

Babak kedua

Barca mengawali babak kedua dengan tempo permainan lebih lambat. Akan tetapi, itu tidak bertahan lama. Mereka segera kembali mendominasi laga dan menekan kubu Super Depor.

Kapten Manuel Pablo tampil solid di area pertahanan Depor dan berhasil menggagalkan peluang tuan rumah menambah keunggulan di menit 50. Alves melesat ke depan kotak sebelum melepaskan umpan silang kepada Villa yang berada di depan gawang. Namun, sebelum bola berhasil disambar El Guaje, Pablo membuang bola dengan tandukan kepalanya.

Tidak lama kemudian, kubu Blaugrana menuntut penalti setelah tandukan Fabregas menyambut umpan Alves mengenai lengan Juan Carlos Valeron di kotak terlarang. Tapi, wasit hanya memberikan tendangan bebas kepada Barca.

Sementara itu, Lionel Messi terlihat bersiap memasuki lapangan, yang segera disambut meriah oleh publik Camp Nou. La Pulga rupanya diturunkan untuk menggantikan Villa.

Messi segera memberikan kontribusi untuk Blaugrana dengan memberikan umpan cantik kepada Tello. Sayangnya, Pablo lagi-lagi menjaga area Depor dengan ketat sehingga membuyarkan peluang El Barca.

Tidak lama, Barca kembali menurunkan amunisi terbaiknya ketika Andres Iniesta masuk untuk menggantikan Thiago di menit 67.

Duet Iniesta dan Messi sebenarnya sempat menjebol gawang Aranzubia di menit 74. Aranzubia melakukan penyelamatan gemilang untuk menggagalkan peluang emas Iniesta, namun Messi dengan sigap menyambar bola rebound. Sial bagi Barca, hakim garis terlebih dulu menaikkan bendera tanda offside sehingga tim tamu bisa bernapas lega.

Kendati bertahan dengan baik, Depor tampaknya tidak memiliki ide untuk mengusung serangan balik dan hanya mampu melakukan serangan secara sporadis.

Dua menit sebelum waktu normal, Messi membuktikan mengapa dirinya merupakan andalan Barca. La Pulga memperagakan permainan satu-dua apik bersama Sanchez sebelum mengelabui Aranzubia, yang berupaya mengantisipasi bola, dan memastikan kemenangan Azulgrana 2-0 sekaligus mencetak gol dalam 17 laga La Liga secara beruntun.

Susunan pemain:


Barcelona: Pinto, Alves, Cesc, Puyol, Villa, Alexis, Thiago, Mascherano, Adriano, Song, Tello

Deportivo: Aranzubia, Silvio, Aythami, Insua, Manuel Pablo, Abel Aguilar, Assunçao, Bruno, Pizzi, ValerĂ³n, Nelson

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berita UNESA